Minggu, 23 Agustus 2015

Manfaat Tanaman Temulawak Untuk Obat

Tanaman temulawak atau dalam bahasa latinnya curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman obat dikelompokkan dalam ras temu-temuan atau zingiberaceae. Tanaman ini berasal dari Negara kita sendiri atau Indonesia, khususnya berlokasi di Pulau Jawa, dan akhirnya tanaman ini menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malaysia. Hingaa saat ini, sebagian besar orang-orang yang bercocok tanam temulawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat juga ditemua pada pulau China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya. Kandungan utama yang terdapat di rimpang temu lawak diantaranya protein, karbohidrat, dan minyak atsiri. Minyak atsiri pada temu lawak terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin pada temu lawak ini berkasiat sebagai anti radang dan anti keracunan empedu.
Khasiat serta manfaat tanaman temulawak
Tetapi ada juga manfaat tanaman temu lawak untuk obat lainnya, yakni:
  1. Bermanfaat sebagai penjaga kesehatan hati.
    Tanaman temulawak sangat baik guna menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, hal ini dikarenakan tanaman temu lawak mengandung senyawa bernama katagoga. Senyawa katagoga inilah yang berperan aktif dalam membantu hati menghasilkan empedu serta memberikan rangsangan kepada empedu supaya empedu menjadi kosong.
  2. Mengobati sakit ginjal.
    Tanaman temulawak dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit ginjal dengan cara menyiapkan 2 rimpang temulawak yang kemudian ditambah dengan 1 genggam daun kacabeling dan 1 genggam daun kumis ucing. Temulawak diiris kecil, dan direbus bersamaa kedua daun yang telah ditulis di atas, kemudian disaring. Terakhir diminum selama 3 hari.
  3. Secara aktif menurunkan lemak darah.
    Manfaat tanaman temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang mana merupakan ekstrak dari tanaman itu sendiri. Agar secara ampuh menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL, zat kurkumaid yang memiliki peran sebagai penurun lemak darah. Sehingga berdampak baik pada kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler pada tubuh.
  4. Tanaman temulawak bermanfaat dalam melawan kanker pada tubuh.
    The Prostat (2001) menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, selain itu hal ini juga berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Tetapi hal ini masih butuh percobaan lebih lanjut terhadap manusia. University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.
  5. Penambah nafsu makan.
    Tanaman temulawak dipercaya meningkatkan nafsu makan dikarenakan kandungan minyak atsiri yang terdapat di tanaman itu sendiri, yang mana kandungan ini memberikan efek karminativum, sehingga mengkonsumsi temulawak dapat berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Inilah alasan mengapa temulawak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak.
  6. Memperbaiki fungsi pencernaan.
    Serbuk rimpang tanaman temulawaklah yang mampu meningkatkan aktivitas cairan pada lambung, sehingga dapat membantu proses metabolisme pencernaan serta mengurangi kontraksi pada usus halus.
  7. Dimanfaat kan sebagai obat sakit pinggang.
    Khasiat tanaman temulawak untuk mengobati sakit pinggang terbukti sangat manjur. Untuk membuat ramuan temulawak, siapkan 1 rimpang tanaman ini. Satu umbi kunyit, dan 1 genggam daun kumis ucing. Selanjutnya semua bahan ditanak dengan satu liter air. Setalah itu saring ramuan temulawak dan minum satu hari sekali dengan porsi 1 gelas sekali minum.
  8. Secara aktif meringankan osteoarthritis.
    Sejak dulu tanaman temulawak sendiri telah dikenal dapat secara ampuh meredakan peradangan. Kandungan curcuma yang ada dalam temulawak ini bisa bisa meredakan peradangan yang seperti halnya juga dengan osteoarthritis.
Baiklah, cukup sekian postingan mengenai manfaat tanaman temulawak sebagai obat, semoga bermanfaat.

Share this

0 Comment to "Manfaat Tanaman Temulawak Untuk Obat"

Posting Komentar