Sabtu, 22 Agustus 2015

Manfaat Tanaman Kunyit Untuk Obat

manfaat tanaman kunyit untuk obat
Manfaat kunyit
Manfaat tanaman obat-Kunyit yang kita kenal hanya sebagai bumbu masak tepatnya untuk menghilangkan amis pada daging atau ikan ternyata mengandung manfaat lain. Yakni mafaat untuk kecantikan dan manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang satu ini mengandung banyak sekali senyawa-senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Nah, dikarenakan senyawa tersebut maka manfaat tanaman kunyit untuk obat adalah:
  • Kunyit dapat membantu proses detoksifikasi senyawa racun pada hati.
    Para peneliti telah membuktikan hal ini, yang mana mereka meneliti dengan objek studi tikus yang dilakukan untuk mengevaluasi efek kunyit pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-S-transferase) secara signifikan meningkat pada tikus yang diberi makan kunyit dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti berkomentar, “Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat anti-oksidan”
  • Kunyit dapat mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan lempengan amiloid pada otak.
    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit, dapat mencegah penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003) membahas peran kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem pelindung, bila dipicu dalam jaringan otak, menyebabkan produksi bilirubin antioksidan menjadi lebih kuat, yang melindungi otak melawan oksidatif (radikal bebas) dan cidera. Oksidasi tersebut diduga menjadi faktor utama dalam penuaan dan menyebabkan gangguan neurodegenerative termasuk demensia seperti penyakit Alzheimer. Penelitian lain yang dilakukan bersama oleh tim Italia dan Amerika Serikat dan dipresentasikan pada konferensi tahunan American Physiological Society tahun 2004 di Washington, DC, menegaskan bahwa kurkumin berperan penting menginduksi gen, yang disebut hemeoxygenase-1 (HO-1) di astrosit dari wilayah hippocampus otak.
  • Karena sifatnya yang anti-inflamasi, kunyit sering digunakan dalam mengobati peradangan pada persendian seperti Artritis dan Artritis Reumatoid. Kadar minyak volatile dalam kunyit sudah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang sangat signifikan dalam beberapa model pengujian. Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocortisone dan fenilbutazon sebagai zat anti-inflamasi seperti Motrin.
  • Kunyit dapat memperlambat perkembangan multiple sclerosis (sklerosis ganda, yakni suatu kelainan peradangan pada otak sumsusm tulang belakang).
  • Membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan.
    Studi penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu pelepasan empedu, yang mana diyakini membantu pencernaan makanan. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin larut lemak dalam usus kecil. Penggunaan kunyit untuk mengatasi masalah terkait pencernaan telah disetujui oleh Komisi Penelitian Jerman, dan lainnya juga menunjukkan hal yang sama.
  • Mengatasi gangguan sembelit.
    Karena sifat-sifatnya pada pencernaan seperti yang dijelaskan diatas, kunyit akan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kunyit juga mempromosikan gerakan peristaltik usus besar, sehingga gerak makanan menjadi lancar. Dengan demikian kita akan jauh dari masalah sulit PUP atau sembelit. Lancarnya PUP yang ditandai dengan teraturnya jam kekamar kecil, akan mengurangi resiko wasir dalam jangka panjang.
  • Dapat mencegah anemia.
    Anemia terjadi karena kekurangan zat besi. Anda bisa mencegah anemia dengan mengonsumsi kunyit, karena kunyit banyak mengandung zat besi.
  • Kunyit untuk obat penyakit Tifus.
    caranya sangat sederhana yakni sediakan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggol sere. Cuci seluruh bahan, kemudian tumbuk halus dan dipipis, lalu tambahkan segelas air hangat, lalu saring dan minum airnya.
  • Mengatasi radang persendian.
    Kunyit mengandung kurkumia yang berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti-radang. Pada saat tulang-tulang persendian Anda mengalami peradangan atau nyeri pada bagian sendi, Anda dapat mengatasinya dengan kunyit ini dan sudah tidak asing lagi untuk saat ini banyak obat-obat radang sendi yang dijual di pasaran dengan mengusung kunyit sebagai bahan dasar.
Baiklah, mungkin cukup sekian manfaat tanaman kunyit untuk obat, semoga bermanfaat.
sumber:
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-lambung-dan-perut.html
http://manfaat.co.id/manfaat-kunyit
http://www.peterparkerblog.com/2283/manfaat-kunyit/

Share this

0 Comment to "Manfaat Tanaman Kunyit Untuk Obat"

Posting Komentar