Minggu, 23 Agustus 2015

Manfaat Tanaman Serai Untuk Obat

Tanaman serai merupakan tanaman yang dikelompokkan dalam suku rumput-rumputan yang mana bermanfaat sebagai bumbu masak-masakan atau lebih tepatnya mengharumkan sayur atau lauk. Minyak serai termasuk dalam kelompok minyak atsiri diperoleh dari menyuling bagian atas tanaman itu.
manfaat tanaman serai untuk obat
Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk atau serangga lainnya, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Nah, selain manfaat tersebut berikut merupakan manfaat tanaman serai untuk obat:
  • Sebagai anti kanker
    Sebuah penelitian menemukan bahwa serai mengandung senyawa bernama citral, yang merupakan salah satu zat anti-kanker secara ampuh membunuh sel kanker tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita. Penelitian juga menjelaskan, bahwa setiap 100 gr serai mengandung zat antioksidan yang berkasiat guna mencegah terjadinya penyakit kanker. Selanjutnya, penelitian lainnya yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah mendapatkan dalam serai mengandung senyawa yang ampuh dalam mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat. Penelitian tersebut membuktikan bahwa aktivitas anti kanker serai telah memberikan hasil sangat menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Penelitian lainnya telah menunjukkan serai juga membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hati fase awal dan mencegah pembentukan lebih lanjut. Efek lainnya adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
  • Mengurangi kram perut pada saat haids
    Dengan meminum rebusan air serai akan dapat meringankan kram pada saat anda datang bulan. Air serai juga bias menghilangkan rasa mual yang kadang terjadi pada saat wanita sedang haids. Sebagai saran, sebaiknya minum rebusan air ini ketika hendak memulai aktifitas pagi.
  • Bermanfaat baik bagi sistem saraf kita
    Minyak esensial yang terdapat pada serai bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf kita. Hal tersebut dikarenakan minyak serai tersebut memberikan sensasi yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.
  • Sangat ampuh mengobati gangguan pencernaan
    Serai sangat berkasiat dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan diare. Oleh sebab itu, apabila kita terkena masalah perut ada baikya gunakan serai.
  • Secara ampuh mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus
    Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang mana berisikan minyak atsiri dalam serai mempunyai aktivitas anti biofilm, anti biofilm ini bermanfaat pencegahan untuk infeksi yang diakibatkan Staphylococcus aureus. Serai juga mengandung fenol yang dapat menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh, dan menyembuhkan biofilm yang terletak dimana saja pada tubuh. Serai ini bertujuan untuk mengganggu pertumbuhan serta komunikasi kuman yang ada pada tubuh, sehingga menyebabkan terhambatnya pembentukan biofilm. Minyak esensial dari serai bermanfaat guna penggunaan topikal maupun internal untuk penyakit yang didiagnosis dengan biofilm seperti penyakit Lyme.
  • Membantu mengatasi penyakit anemia atau kurang sel darah merah.
    Serai mengandung zat besi yang sangat baik guna ksintetis hemoglobin atau protein sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi tanaman serai dapat membantu menyembuhkan penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia.
  • Serai Bisa Mengobati infeksi kulit.
    Penelitian mengatakan bahwa serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan itu bermanfaat dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan ini, ditemukan bahwa serai juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.
Baiklah, mungkin cukup sekian postingan mengenai manfaat tanaman serai untuk obat, semoga bermanfaat.

Share this

0 Comment to "Manfaat Tanaman Serai Untuk Obat"

Posting Komentar